Meningkatkan Minat Siswa di Bidang Kimia: Jurusan Kimia FMPA Unpatti Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP N 7 Maluku Tengah

Published by CMSMaster on

23 Mei 2023 bertempat di Suli Atas, Maluku Tengah – Jurusan Kimia FMIPA Unpatti melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 7 Maluku Tengah. Pada kegiatan ini, diusung dua tema pengabdian, yakni¬† “Eksperimen sains sederhana dan kreatif kepada siswa SMP Negeri 7 Maluku Tengah” dan “Pengenalan dasar kimia kepada siswa SMP Negeri 7 Maluku Tengah”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih luas kepada siswa, sambil menjalin keterikatan siswa terhadap kimia. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala SMP Negeri 7 Maluku Tengah, yakni Bapak Ronny Samallo, S.Pd. dan Ketua Jurusan Kimia, yakni Bapak Dr. I Wayan Sutapa, S.Si., M.Sc.

Dalam kegiatan ini, siswa-siswa SMP Negeri 7 Maluku Tengah dikenalkan dengan kimia melalui eksperimen-eksperimen sederhana dengan bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, serta diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam berbagai eksperimen sederhana yang menarik. Mereka diajak untuk menjelajahi dunia kimia melalui percobaan praktis. Dalam eksperimen tersebut, siswa belajar tentang perubahan warna, reaksi kimia, dan sifat-sifat zat melalui pengamatan dan interaksi langsung.

Respon terhadap kegiatan pengabdian ini sangat positif. Siswa-siswa SMP Negeri 7 Maluku Tengah menikmati pengalaman praktis dalam mempelajari kimia dan menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kegiatan ini berhasil membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan mengeksplorasi ilmu kimia. Selain memberikan manfaat kepada siswa, kegiatan ini juga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Siswa-siswa dapat menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengidentifikasi zat-zat dalam produk yang mereka gunakan.

Dengan suksesnya kegiatan ini, Jurusan Kimia telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap ilmu kimia, serta berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa depan, dengan harapan dapat melibatkan lebih banyak siswa dan masyarakat dalam menjelajahi keindahan dan kebermanfaatan ilmu kimia.

[MS]


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *