SMK Negeri 6 Ambon, Lokus Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Kimia FMIPA Unpatti di Awal 2024

Published by CMSMaster on

Jurusan Kimia FMIPA Unpatti kembali membuktikan komitmen dan konsistensi dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kontribusi nyata ilmu kimia bagi masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan di SMK Negeri 6 Ambon kali ini diwarnai dengan kolaborasi antara Program Studi Kimia dan Program Studi Farmasi. Beberapa topik yang dibawakan dalam menjawab kebutuhan siswa dan guru bidang kimia di sekolah ini antara lain: pengenalan K3 Laboratorium, Demo Sains, danĀ  Pemanfaatan Buah Kelapa sebagai VCO.

Dari topik-topik ini, Staf Dosen Jurusan Kimia yang terdiri dari staf Program Studi Kimia dan Program Studi Farmasi menyajikan materi yang menarik dan juga membawa VCO sebagai produk unggulan. VCO merupakan produk olahan santan kelapa yang dapat diolah secara sederhana namun memiliki banyak manfaat. Selain mangkaji manfaat VCO, prosedur pembuatan yang meskipun sederhana diharapkan dapat mengaktifkan pola pikir dan intuisi saintis dalam diri siswa.

Kegiatan yang berlangsung pada 7 Mei 2024 ini disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 6 Ambon Drs. Eduard Luturmas, M.Si yang menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dan pendampingan bagi siswa baik dalam mengasah kemampuan akademik di bidang sains maupun kewirausahaan sehingga mampu menghasilkan produk maupun keterampilan siswa yang berkualitas. Ketua Program Studi Farmasi, ibu Dr. Ivonne Telusa, S.Si., M.Si selain memperkenalkan Jurusan Kimia, beliaupun membuka peluang kerja sama yang senada dan tindak lanjutnya.

Empat tim yang masing-masing dipimpin oleh Dr. Catherina M. Bijang, M.Si, Shielda N. Joris, S.Si., M.Si., Stephanie P. Sohilait, S.Si., M.Sc, dan Apt. Evangeline Pentury, S.Si., M.Farm mempekenalkan prosedur kerja laboratorium secara ringkas dan sederhana. Siswa pun secara aktif ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini. Antusiasme siswa terlihat dari fokus perhatian dan aktif terlibat dalam beberapa prosedur kerja. Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan serta foto bersama Staf Jurusan Kimia dan peserta kegiatan (SNJ).

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *