VCO: Sains Bagi Kehidupan. Demo Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) bagi Siswa SMA Negeri 4 Ambon

Published by CMSMaster on

VCO: Sains Bagi Kehidupan

Demo Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) bagi Siswa SMA Negeri 4 Ambon

Jurusan Kimia FMIPA Unpatti secara konsisten melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi nyata ilmu kimia bagi masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Ambon kali ini mengusung tema yang tidak biasanya seperti kegiatan pengabdian di sekolah sebelumnya. Kegiatan yang berlangsung pada 26 Oktober 2023 ini mengangkat tema besar “VCO: Sains Bagi Kehidupan. Demo Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) bagi Siswa SMA Negeri 4 Ambon”

Dari tema ini, Staf Dosen Jurusan Kimia yang terdiri dari staf Program Studi Farmasi dan Program Studi Kimia membawa VCO sebagai produk unggulan. VCO merupakan produk olahan santan kelapa yang dapat diolah secara sederhana namun memiliki banyak manfaat. Selain mangkaji manfaat VCO, prosedur pembuatan yang meskipun sederhana diharapkan dapat mengaktifkan pola pikir dan intuisi saintis dalam diri siswa.

Kegiatan ini disambut baik oleh pimpinan sekolah yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat Ibu A. J. Y. Patty, S.Pd yang menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dan pendampingan bagi siswa baik dalam mengasah kemampuan akademik di bidang sains maupun kewirausahaan sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Kepala Program Studi Farmasi, ibu Eirene Fransina, S.Si., M.Si juga membuka peluang kerja sama yang senada dan tindak lanjut sampai ke tingkat pemasaran produk sebagai produk unggulan SMA Negeri 4 Ambon.

Tim yang dipimpin oleh apt. Evangeline Pentury, S.Si., M.Farm memperkenalkan prosedur pembuatan VCO secara sederhana dan mendapat antusiasme dari siswa maupun guru yang hadir. Antusiasme siswa terlihat dari fokus perhatian dan aktif terlibat dalam beberapa prosedur kerja. Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan serta foto bersama Staf Jurusan Kimia dan peserta kegiatan.

Ulasan kegiatan selengkapnya dapat disimak juga pada link https://bit.ly/VCOSMAN4Ambon  (SNJ). Foto bersama

 

 

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *