Staf Dosen Jurusan Kimia Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Mendukung Kegiatan Timba Laor Siswa SMAS Kristen YPKPM Ambon

Published by CMSMaster on

Tanggal 31 Maret 2023 – Staf dosen jurusan Kimia melakukan pengabdian kepada msyarakat di SMAS Kristen YPKPM Ambon. Dalam upaya mendukung kegiatan timba laor yang dilakukan siswa-siswi kelas X dan XI SMAS Kristen YPKPM Ambon di Amahusu pada tanggal 10-11 Maret 2023, staf dosen jurusan kimia menyelenggarakan pelatihan pengujian kadar gizi cacing laut (laor) dan pembuatan bakasang laor. Kegiatan ini dibuka oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana,yakni Bapak Thomas Ruhulessin, , sekaligus mendampingi berlangsungnya kegiatan hingga selesai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa-siswi dalam pengujian kadar gizi cacing laut, serta mengajarkan mereka teknik pembuatan bakasang laor. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa-siswi mengenai potensi dan manfaat laor sebagai sumber protein alternatif yang kaya gizi.

Dalam pelatihan pengujian kadar gizi cacing laut, staf dosen jurusan Kimia memberikan penjelasan tentang metode pengambilan dan pengolahan sampel laor. Mereka juga mengajarkan siswa-siswi mengenai alat dan teknik pengujian kadar gizi. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan dengan antusias menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam pengujian kadar gizi laor. Selain pelatihan pengujian kadar gizi, siswa-siswi juga diajari cara membuat bakasang laor oleh staf dosen yang berpengalaman. Mereka diberikan pengetahuan tentang teknik pembersihan, pengolahan, dan pembuatan bakasang laor yang enak dan higienis. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi kelas X dan XI di SMAS Kristen YPKPM Ambon dapat mengembangkan keterampilan dalam mengolah laor menjadi produk olahan yang bernilai jual tinggi.

Kegiatan pengabdian ini mendapat apresiasi tinggi dari siswa-siswi SMAS Kristen YPKPM Ambon. Mereka merasa terbantu dan terinspirasi oleh upaya yang dilakukan oleh staf dosen jurusan Kimia dalam membimbing mereka. Dalam sambutannya, Wakil Kepala SMAS Kristen YPKPM Ambon, Bapak Bapak Thomas Ruhulessin, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada staf dosen jurusan Kimia yang telah memberikan dukungan penting kepada siswa-siswi. “Pengabdian ini membantu siswa-siswi kita dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Kami berharap semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut di masa depan untuk kebaikan siswa-siswi kami”.

Pengabdian staf dosen jurusan Kimia dalam bentuk pelatihan pengujian kadar gizi cacing laut dan pembuatan bakasang laor ini merupakan contoh nyata dari kontribusi akademik kepada masyarakat. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi siswa-siswi serta masyarakat secara umum, dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

[MS]


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *