Pengabdian Jurusan Kimia-Teknik Kimia UNPATTI, Politeknik Negeri Ambon, dan BRIN

Published by CMSMaster on

Pada 1 Oktober 2022 Jurusan kimia FMIPA, Teknik Kimia UNPATTI Bersama Politeknik Negeri Ambon dan Badan Riset Nasional (BRIN) melakukan pengabdian kepada Masyarakat di desa Waai tepatnya di SMP Negeri 20 Maluku Tengah. Pengabdian tersebut dilakukan terhadap para guru selaku masyarakat melalui Peningkatan Nilai Ekonomis Buah Kelapa yang dipimpin langsung oleh bapak Dr. Nikmans Hattu, M.Si selaku kepala prodi Teknik Kimia UNPATTI dan kepada siswa melalui demo sains, simulasi molekul, dan eksperimen (Energi Baru Terbarukan) EBT oleh para dosen jurusan Kimia UNPATTI, Politeknik Negeri Ambon, dan staf BRIN yang dipimpin langsung oleh bapak Matheis F. J. D. Tanasale, S.Si., M.Si selaku dosen Jurusan Kimia FMIPA UNPATTI.

Demo Sains yang dilakukan kepada para siswa berlangsung seru dengan memeperlihatkan trik-trik sulap sederhana versi Kimia kepada para siswa oleh Ibu Jolantje Latupeirssa, S.Pd., M.Sc. Senyawa-senyawa kimia yang terlibat dalam trik-trik tersebut kemudian dijelaskan menggunakan simulasi molekul dengan komputer oleh Bapak Dr. Mario R. Sohilait, S.Si., M.Sc. Tak kalah seru eksperimen EBT tentang panel surya oleh bapak Eka Lilipaly dan Ibu Dr. Ivonne telussa, S.Si., M.Sc juga menyita perhatian para siswa (apalagi harga BBM sedang naik saat ini) dengan memperlihatkan secara langsung bagaimana panel surya bekerja dan bagaimana mikroalga dapat dimanfaatkan dalam modifikasinya.

Peningkatan nilai ekonomis buah kelapa yang dilakukan kepada para guru juga tidak kalah serunya, dimana air kelapa yang hanya dimanfaatkan untuk diminum, ternyata dapat dibuat menjadi produk-produk lainnya yang dapat memberikan nilai lebih kepada masyarakat seperti cuka dan kecap.

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.