Pembelajaran Kimia Kreatif di SMK Negeri 8 Ambon

Published by CMSMaster on

Jurusan Kimia FMIPA Unpatti kembali menunjukan komitmen dalam menjalankan dharma pengabdian kepada masyarakat merupakan perwujudan kontribusi nyata ilmu kimia bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di SMK Negeri 8 Ambon kali ini berlangsung pada 12 Mei 2022 dengan mengusung tema besar “Demo Sains dan Pembelajaran Kimia Kreatif”. Dari tema ini, salah satu materi kegiatan yang dibawakan adalah pembelajaran kimia kreatif bagi siswa SMK Negeri 8 Ambon. Perlu ditambahkan juga bahwa SMK Negeri 8 Ambon merupakan sekolah kejuruan yang berfokus pada bidang perikanan.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 8 Ambon, Johanis S. Akyuwen, S.Pi, yang menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dan pendampingan bagi kelompok siswa SMK Negeri 8 Ambon dalam hal ini. Ketua Jurusan Kimia, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc juga membuka peluang kerja sama yang senada dan tindak lanjut sampai ke tingkat penandatanganan piagam kerja sama, pendampingang, produksi, dan pemasaran produk sebagai produk unggulan SMK Negeri 8 Ambon. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Kimia juga menyampaikan visi potensi ekonomi masyarakat ke depannya dari sektor perikanan.

Dalam kegiatan tersebut, Dr. Yusthinus T. Male, M.Si juga memberikan pemahaman proses produksi produk ikan. Pemahaman ini penting untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses pengolahan ikan menjadi komoditi berkualitas di pasar nasional maupun internasional.

Produk olahan perikanan yang memiliki nilai jual yang tinggi ini dapat dihasilkan melalui pemahaman yang tepat mengenai konsep ilmu dasar, salah satunya konsep ilmu kimia. Tim pengabdian ini dipimpin oleh Shielda Natalia Joris, S.Si., M.Si dan beranggotakan Prof. Dr. H. J. Sohilait, MS, Dr. Yusthinus T. Male, M.Si, Mirella F. Maahury, S.Si., M.Si, Semuel S. Pada, S.Si., M.Si, dan dibantu tenaga laboran yaitu Dewi Sri, Amd, Ak., S.Si.

     

Prosedur pelaksanaan kegiatan dan penyampaian materi cukup sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siswa. Antusiasme siswa terlihat dari fokus perhatian dan banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika tim melakukan demo prosedur kerja. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan penyerahan cinderamata oleh ketua tim kepada pihak sekolah yang diwakili oleh Kepala SMK Negeri 8 Ambon (SNJ).

 

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.