“Peningkatan Nilai Ekonomis Buah Kelapa Melalui Pembuatan Kecap dari Air Kelapa Di Desa Morella”

Published by CMSMaster on

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, maka pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk tanggung jawab sosial atas pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni suatu institusi misalnya Fakultas MIPA Jurusan Kimia Universitas Pattimura. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Morella, berlangsung pada 28 Oktober 2021 Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan minat masyarakat dalam memanfaatkan buah kelapa untuk menghasilkan produk bernilai ekonomis tinggi dan dapat membuka peluang usaha kecil demi peningkatan kesejahteraan keluarga. Produk unggulan dari kegiatan ini adalah: “Pembuatan Kecap dari Air Kelapa”.

 

  1. a. Pembuatan kecap dalam skala laboratorium

Pembuatan kecap skala laboratorium dimaksudkan untuk menghasilkan produk contoh yang akan dibawa dan ditunjukkan kepada ibu-ibu PKK di Desa Morella. Kegiatan dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan. Bahan utama yang digunakan yaitu air kelapa yang diperoleh dari pasar tradisional.

Pembuatan kecap manis skala Labaratorium

  1. Pengabdian di Desa Morella

Limbah air kelapa yang biasanya di buang, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai komersil dan ekonomis tinggi. Pengolahan buah kelapa dapat menghasilkan banyak produk salah satunya yaitu Kecap.

Sosialisasi dan MoU dengan Kepala Desa Morella

Sasaran kegiatan ini, ditujukkan kepada Ibu-ibu PKK di Desa Morella. Kegiatan ini, berlangsung atas kerjasama Jurusan Kimia dan Kepala Desa Morella, Fadli Sialana, S.Ag. Dalam sosialisasi ini, Ketua Jurusan Kimia, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc membuka kegiatan, sekaligus menyampaikan kerja sama yang dilakukan dengan Pemerintah Desa Morella.Terakhir dalam sambutannya Ketua Jurusan Kimia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Morella maupun Ibu-ibu PKK yang sudah berkenan hadir pada acara ini. Kegiatan dilanjutkan dengan demontrasi, pengolahan limbah air kelapa dengan  mengunakan teknologi sederhana sehingga mudah dan murah untuk diterapkan (teknologi tepat guna).

Demontrasi Pembuatan Kecap manis

Produk kecap yang dihasilkan bisa berupa kecap manis atau kecap asin. Pada demontrasi yang dilakukan di Desa Morella produk yang dihasilkan adalah kecap manis. Kecap yang dihasilkan dari limbah air kelapa ini, memiliki kelebihan dibandingkan dengan kecap hasil dari produk kacang kedelai. Kelebihan dari kecap bahan dasar air kelapa yaitu, tidak membutuhkan waktu yang lama karena tidak melalui proses fermentasi yang cukup panjang, bahan yang diperoleh relatif murah dan mudah didapat dan rasa yang dihasilkan cukup enak.

Produk Kecap Manis berbahan dasar air kelapa

Tim Kecap yang diketuai oleh Nurani Hasanela, S.Si., M.Si beranggotakan Prof. Dr. H. J. Sohilait, MS, Dr. Yuthinus T. Malle, M.Si, Dr. A. N. Siahaya, M.Si, Eirene G. Fransina, M.Si, Marsela Laratmase, S.Si dan Idham Ollong, S.Si.

Anggota Tim Pengabdian Kecap

Foto bersama diakhir kegiatan

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.