Pendampingan Peserta The 1st Indonesia Crystal Growing Competition oleh Staf Dosen Jurusan Kimia

Published by CMSMaster on

Dengan semangat kemerdekaan RI ke-76 maka tim kompetensi keahlian Kimia Analis SMK Negeri 1 Sei Menggaris bekerja sama dengan Prodi Kimia FMIPA Institut Teknologi Bandung melaksanakan The 1st Indonesia Crystal Growing Competition (1st ICGC) untuk yang pertama kalinya di Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan untuk seluruh siswa/pelajar sekolah tingkat menengah atas, baik SMK, MA, atau SMA daris sekolah negeri ataupun swasta. Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan kecintaan siswa kepada dunia kimia dan juga akan memberikan wawasan tentang besarnya sumber kekayaan mineral di negara Indonesia.

SMA Negeri 2 Ambon dan SMA Xaverius Ambon sebagai salah satu penyelenggara pendidikan menengah atas di Kota Ambon, turut mengikutsertakan siswa-siswa terbaiknya dalam kegiatan ini. Namun, karena terbatasnya fasilitas laboratorium dan tenaga pendamping untuk mengerjakan prsoedur sintesis di laboratorium, maka diperlukan adanya kerja sama dari pihak pendidikan tinggi khususnya di  bidang kimia.

Jurusan Kimia FMIPA Univeristas Pattimura dalam menyikapi hal ini turut memberikan kontribusi bagi terwujudnya kegiatasn peserta perlombaan ini. Hal ini juga bersesuaian dengan salah satu darma dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dimana pengabdian kepada masyarakat merupakan konsekuensi logis bagi suksesnya pelaksanaan fungsi Perguruan Tinggi. Sebagai bagian dari unit perguruan tinggi menuju ke research university, maka Jurusan Kimia juga ikut menumbuhkembangkan academic atmosphere di masing-masing unit organisasi maupun pada berbagai jenjang pendidikan. Dosen sebagai pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi harus mampu meningkatkan peran dan fungsinya dalam upaya memfasilitasi dan memberdayakan dosen untuk melakukan pengabdian kepada  masyarakat yang memberikan manfaat baik dalam pengembangan keilmuan dan teknologi tepat guna, meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan, maupun memberikan pemahaman yang benar mengenai informasi terkait ilmu kimia.

Tim pendamping terdiri atas Staf Dosen Jurusan Kimia yang terampil di bidang sintesis dan penumbuhan kristal ini antara lain, Dr. Yusthinus T. Male, M.Si., Dr. Catherina M. Bijang, M.Si., Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc., dan Shielda N. Joris, S.Si., M.Si., ini juga dibantu oleh tenaga laboran pada Laboratorium Kimia Anorganik Jurusan Kimia FMIPA Unpatti, Dewi Sri, Amd. Ak., S.Si. Perlu ditambahkan pula, bahwa peserta dari kedua sekolah menengah atas di kota Ambon ini merupakan kelompok peserta yang berasal dari provinsi Maluku. Kegiatan ini dilakukan selama kurun waktu 1 bulan yang terdiri dari agenda asistensi, penumbuhan bibit kristal, rekristalisasi, penumbuhan single crystal, dan pengemasan kristal hasil sintesis yang selanjutnya dikirimkan ke panitia penyelenggara untuk dinilai. Program kegiatan ini berlangsung sejak 20 September 2021 sampai dengan 14 Oktober 2021 di Laboratorium Kimia Anorganik, Jurusan Kimia FMIPA Unpatti.

Teknik penumbuhan single crystal merupakan keterampilan yang cukup mudah dipelajari. Antusiasme siswa sebagai generasi penerus bangsa, membuat ke depannya perlu diadakan program pendampingan serupa yang digagas oleh pihak-pihak terkait dan juga tepat sesuai dengan minat masing-masing siswa. Hal ini akan mendukung terciptanya sumberdaya manusia dengan keterampilan yang unggul dan berkualitas di bidang sains. (SNJ)

Tim Peserta dari SMA Xaverius Ambon

Tim Peserta dari SMA Xaverius Ambon

Tim Pertama Peserta dari SMA Negeri 2 Ambon

Tim Pertama Peserta dari SMA Negeri 2 Ambon

Tim Kedua Peserta dari SMA Negeri 2 Ambon

Tim Kedua Peserta dari SMA Negeri 2 Ambon

Cuplikan pekerjaan tim selama di Laboratorium

Cuplikan pekerjaan tim selama di Laboratorium

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *