Produksi Santan Kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) di Negeri Morella sebagai Produk Bernilai Ekonomis Tinggi

Published by Admin Prodi Kimia on

Konsistensi Jurusan Kimia FMIPA Unpatti dalam menjalankan dharma pengabdian kepada masyarakat merupakan perwujudan kontribusi nyata ilmu kimia bagi masyarakat. Pengabdian yang dilaksanakan di Negeri Morella  ini berlangsung pada 28 Oktober 2021 dengan mengusung tema besar “Peningkatan Nilai Ekonomis Buah Kelapa”. Dari tema ini, salah satu produk unggulan yang dijadikan bahan pelatihan bagi masyarakat adalah pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari bahan baku utama santan kelapa.

Suasana Pembukaan Kegiatan

Suasana Pembukaan Kegiatan

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Pemerintahan Negri Morella, Fadil Sialana, S.Ag, yang menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dan pendampingan bagi kelompok PKK Negeri Morella dalam hal ini. Ketua Jurusan Kimia, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc juga membuka peluang kerja sama yang senada dan tindak lanjut sampai ke tingkat pemasaran produk sebagai produk unggulan Negeri Morella. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Kimia juga menyampaikan visi potensi ekonomi masyarakat ke depannya dari bahan baku kelapa.

Sambutan Ketua Jurusan Kimia, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc

Sambutan Ketua Jurusan Kimia, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc

Sambutan Kepala Negeri Morella, Fadil Sialana, S.Ag

Sambutan Kepala Negeri Morella, Fadil Sialana, S.Ag

 

 

 

 

 

 

Penyerahan Piagam Penghargaan

Penyerahan Piagam Penghargaan

Pada kegiatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unpatti, Dr. H. J. Wattimanela, M.Si, turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dan juga mengucapkan terima kasih atas antusias pemerintah Negeri Morella atas terlaksanannya kegiatan ini. Kegiatan pengabdian ini juga diawali dengan pemberian pemahaman proses produksi produk halal oleh Drs. Adriani Bandjar, M.Sc, staf dosen Jurusan Kimia FMIPA Unpatti dan juga menjabat sebagai Pimpinan Lembaga Pemeriksa Halal Universitas Pattimura. Pemahaman ini penting untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan proses produksi serta menuju pasaran produk halal.

SambutanWakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. J. Wattimanela, M.Si

Sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. J. Wattimanela, M.Si

Penyampaian materi kehalalan produk oleh Drs. A. Bandjar, M.Sc

 

 

 

 

 

 

 

Produk olahan santan yang memiliki nilai jual yang tinggi yaitu Virgin Coconut Oil (VCO) diperkenalkan oleh tim dengan kolaborasi bidang ilmu kimia yang lengkap. Tim yang dipimpin oleh Shielda Natalia Joris, S.Si., M.Si. beranggotakan Dr. I.B.D. Kapelle, M.Si, Dr. S.J. Sekewael, M.Si, Dr. Ivonne Telussa, M.Si, Semuel S. Pada, M.Si, dan Stephanie P. Sohilait, S.Si., M.Sc juga dibantu tenaga laboran yaitu Dewi Sri, Amd, Ak., S.Si.

Suasana Demo Proses Produksi VCO

Suasana Demo Proses Produksi VCO

Prosedur pembuatan produk VCO ini cukup sederhana dan mudah untuk dipahami oleh masyarakat. Antusiasme masyarakat terlihat dari fokus perhatian dan banyakna pertanyaan yang diajukan ketika tim melakukan demo prosedur kerja. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan oleh kepala pemerintahan Negeri Morella dan foto bersama Staf Jurusan Kimia, Pemerintah Negeri Morella, dan masyarakat peserta kegiatan (SNJ).

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Kimia

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Kimia

Foto Bersama di Akhir Kegiatan

Foto Bersama di Akhir Kegiatan

Tim Pengabdian kepada Masyarakat untuk Produk Unggulan VCO (dari kiri ke kanan: Dr. Ivonne Telussa, M.Si, Dr. Serly J. Sekewael, M.Si, Dr. Imanuel B. D. KApelle, M.Si., Shielda N. Joris, S.Si., M.Si., Stephanie P. Sohilait, S.Si., M.Sc.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat untuk Produk Unggulan VCO
(dari kiri ke kanan: Dr. Ivonne Telussa, M.Si, Dr. Serly J. Sekewael, M.Si, Dr. Imanuel B. D. Kapelle, M.Si., Shielda N. Joris, S.Si., M.Si., dan Stephanie P. Sohilait, S.Si., M.Sc.

 

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *